Forum ini diselenggarakan oleh DPPI (Dewan Perguruan Periklanan Indonesia) yang saat ini menjalin akses pada 72 perguruan tinggi dengan prodi komunikasi. Ketua APPINA menjadi salah satu nara sumber forum terbuka untuk akademisi komunikasi atau praktisi periklanan maupun umum. Acara ini terselenggara gratis dan dapat diakses oleh umum.

Waktu pelaksanaan:
Hari, Tanggal : Kamis, 17 Juni 2021
Waktu : Pukul 14.00 – 16.00 WIB
Media : Zoom Room
Participant: 170 – 184
Materi acara bisa diunduh sebagai berikut:
Pembicara
Institusi Pendidikan

Prof. Dr. Rudy Harjanto, M.Sn
Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
“Mengancang kurikulum yang dinamis, untuk prodi periklanan.”

Dr. Irwa R. Zarkasi
Dekan Fakultas Komunikasi Universitas Al-Azhar Indonesia
“Peluang dan tantangan dalam persiapan dan pelaksanaan MBKM.”

Dr. Muhamad Sulhan
Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM)
“Membangun pranata kolaborasi antara kampus dengan industry.”
Industri

Ria Damyari
Associate HR Director Mullen Lowe Group
“Kompleksitas ‘Scouting and Knowledge Management’ Pada Industri Periklanan”

Budi Primawan
iDEA
“Pengetahuan dan Keterampilan Pokok yang Diperlukan Oleh Industri E-Commerce”

Eka Sugiarto
Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pengiklan Indonesia (APPINA)
“Pengetahuan dan Keterampilan Pokok yang Diperlukan Oleh Industri – Pandangan Perusahaan Pengiklan”
Ibu Eka menjelaskan tentang Bauran Pemasaran

Business Motivation: latar belakang untuk masuk dalam industri.
Consumer centricity: cara baru untuk engage dengan konsumen sebagai people untuk dipenuhi kebutuhannya, juga target iklan dan pembelanja tentunya di-mapping positioning mereka.
Design & Problem solving: kemampuan merancang dan solusinya
Comm skill : mencakup seluruh bentuk komunikasi.
Collaborative ability: banyak struktur yang collapse maka perlu melakukan agile of working.
Growth mindset: perlunya continues learning.

Janoe Arijanto
Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia(P3I), E-Commerce Indonesia (idEA)
“Pengetahuan dan Keterampilan Pokok yang Diperlukan Oleh Industri”
Cara seorang bisa menjadi ‘T-Shaped Person’ dengan prinsip:

70 dari learning by doing.
20 dari relationship dengan mentor, atasan dan peers.
10 dari class room training.

Ridwan Handoyo
Principal at Imago
“Human Resources Management & Training – Pembentukan sikap profesional bagi praktisi periklanan”
Pentingnya Sikap Kerja.
PT bertanggung jawab pada karakter mahasiswa siap kerja melalui Training baik Hard & Soft skills yang menyatu dengan mata kuliah secara terukuran keberhasilannya
Pentingnya: Attitude, Performance, Agility, Self-Discipline, Communicative, Honesty

Batty S
Penutup